Thursday, October 4, 2012

Mengapa Harddisk yang Berkapasitas 40 GB Bila Diformat Kapasitasnya Tidak Sampai 40 GB ?


Mengapa harddisk yang berkapasitas 40 GB bila diformat kapasitasnya tidak sampai 40 GB ?

Kita lihat pada salah satu bagian harddisk, yaitu Platter.


            Berbentuk sebuah Pelat atau piringan yang berfungsi sebagai penyimpan data. Berbentuk bulat, merupakan cakram padat, memiliki pola-pola magnetis pada pada sisi-sisi permukaanya. Platter terbuat dari metal yang mengandung jutaan magnet-magnet kecil yang disebut dengan magnetic domain. Domain-domain ini diatur dalam satu atau dua arah untuk mewakili binary “1” dan “0”

            Dalam piringan tersebut terdiri dari beberapa track, dan beberapa sector, dimana track dan sector ini adalah tempat penyimpanan data serta file system. Misalnya harddisk kita berkapasitas 40 GB, bila diformat kapasitasnya tidak sampai 40 GB, karena harus ada track dan sector yang dipakai untuk menyimpan ID pengenal dari formating harddisk tersebut.

            Jumlah pelat dari masing-masing harddisk berbeda-beda, tergantung pada teknologi yang digunakan dan kapasitas yang dimiliki tiap harddisk. Untuk harddisk-harddisk keluaran terbaru, biasanya sebuah pelat memiliki daya tampung 10 sampai 20 GB. Contohnya sebuah Harddisk berkapasitas 40 GB, biasanya terdiri dari 2 buah pelat yang masing-masing berkapasitas 20 GB.

0 comment(s):

Post a Comment