Monday, September 3, 2012

Teknologi Informasi

1. Peranan TI dalam Kehidupan Manusia:

Peranan Teknologi Informasi dalam Pendidikan.
Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

Peranan Teknologi Informasi dalam Perbankan.
Dalam dunia perbankan teknologi informasi dan komunikasi adalah diterapkannya transaksi  perbankan lewat internet atau dikenal dengan internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.

Peranan Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis.
Dalam dunia bisnis teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara  ektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

Peranan Teknologi Informasi dalam Kesehatan.
System berbasis kartu cerdas (Smart Card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui  riwayat penyakit pasien yang data ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan computer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

2. Penyabab TI Berkembang Pesat pada Saat Ini:

Globalisasi.
Di era globalisasi, teknologi informasi berperan sangat penting. Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang cukup untuk menjadi pemenang dalam persaingan global. Persaingan-persaingan tersebut yang akan membuat perkembangan TI menjadi pesat.

Internet.
Dengan adanya internet, sangat memudahkan manusia untuk lebih mengembangkan teknologi informasi secara cepat.

Keinginan suatu Negara untuk maju.
Perbedaan utama antara negara maju dan negara berkembang adalah kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan yang pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di negara-negara maju karma didukung oleh sistem informasi yang mapan. Sebaliknya, lemahnya sistem informasi di negara-negara berkembang mengakibatkan keterbelakangan dalam penguasaan.ilmu pengetahuan dani teknologi. Jadi, jelas bahwa maju atau tidaknya suatu negara sangat di tentukan oleh penguasaan teirhadap informasi, karena informasi merupakan modal utama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan.teknologi yang menjadi senjata pokok untuk membangun negara. Sehingga apabila satu negara ingin maju dan tetap eksis dalam persaingan global, maka negara tersebut harus menguasai TI.


3. Produk-produk TI:

Hardware (Perangkat Keras):
Komputer/Laptop, Modem, Telepon/Handphone, Faks, Televisi, Radio, dan lain lain.
Software (Perangkat Lunak):
E-Commerce, E-Banking, dan lain-lain.


4. Cara/Solusi untuk Menanggulangi Dampak Negatif dalam TI:

-  Mempertimbangkan penggunaan TI khususnya pada anak dibawah umur yang masih harus dalam pengawasan orang dewasa.
- Pemerintah sebagai pengendali sistem-sistem informasi seharusnya lebih peka dalam menyaring apa saja yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat.
- Para pengajar dalam bidang TI harus menyampaikan dasar-dasar atau hal-hal yang bermanfaat bagi murid untuk mengembangkan TI.


5. Salah Satu Fungsi dari Produk TI:

Salah satu contoh produk TI beserta fungsinya:

Modem (Modulator / Demodulator)
Alat yang memungkinkan suatu PC untuk menerma dan mengirim data dalam benuk digital melalui saluran telepon, menghubungkan ke internet.

0 comment(s):

Post a Comment