Sunday, September 23, 2012

Input Devices & Output Devices pada Komputer

Input Devices & Output Devices pada Komputer

a. Input Devices:

· Keyboard
Keyboard Komputer adalah sebuah alat papan ketik terdiri dari beberapa tombol pada umumnya terdiri   dari 85 sampai 120 buah tombol untuk menuliskan untuk menuliskan huruf (A, B, C sampai Z), angka (0, 1, 2 sampai 9) dan juga simbol-simbol (!, @, #, $, %, ^, dll) serta tombol-tombol khusus seperti (F1, F2 ESC dll) ke Komputer yang akan ditampilkan di layar monitor komputer.
Gambar 1 :  Keyboard

Keyboard Komputer pertama kali dibuat pada tahun 1868 oleh Christopher Lathamoleh, yang pada dasarnya desain Keyboard Komputer itu disesuaikan dengan Mesin Ketik. Keyboard Komputer mulai diperjualbelikan oleh Peruhanaan Remington pada tahun berikutnya yaitu tahun 1877.
Cara menggunakan Penekanan Keyboard Komputer adalah dengan menekan tombol-tombol pada Keyboard. Ada yang ditekan satu persatu ada juga beberapa tombol Keyboard Komputer yang bisa langsung ditekan secara bersamaan contohnya dengan menekan CTRL + S, yang kesemua tombol mempunyai tugas dan fungsi masing-masing.
Jenis-Jenis Keyboard Komputer berdasarkan cara koneksi ke komputer (Port) dapat digolongkan menjadi 4 yaitu :Serial, PS/2, USB dan Wireless seperti gambar berikut :

Gambar 2 : Port Keyboard

Jenis-Jenis Keyboard Komputer berdasarkan susunan tombolnya terdiri atas :
1.                  QWERTY
2.                  DVORAK
3.                  KLOCKENBERG
4.                  CHORD
5.                  MALTRON
6.                  Proyeksi

Dari sekian banyak jenis keyboard komputer namun yang sudah ditetapkan secara resmi oleh International Standart Organization (ISO) untuk pemakaian keyboard secara internasional adalah Keyboard dengan Jenis QWERTY. Pemilihan Keyboard QWERTY sebagai standar internasional karena susunan tombol keyboard QWERTY mirip sekali dengan susunan tombol pada mesin ketik. Keyboard Komputer jenis QWERTY ini dibuat pada tahun 1973 dengan jumlah umum tombol keyboard QWERTY adalah 104 buah tombol.

Gambar 3 : Keyboard QWERTY





Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :

1. Tombol Huruf (Typewriter Key)
2. Tombol Nomor (Numeric Key)
3. Tombol Fungsi (Function Key)
4. Tombol Fungsi Khusus (Special Function Key)


·         Mouse




Pengertian dari mouse adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terhubung ke komputer baik melalui kabel / nirkabel. Mengapa dinamakan mouse? jawabannya adalah karena bentuk awal dari piranti ini menyerupai tikus. Selain itu, kabel yang menghubungkan mouse dengan komputer bentuknya mirip dengan ekor tikus. Sebagai tambahan informasi bagi pengetahuan kita, komputer pertama yang dijual satu paket bersama dengan mouse adalah jenis Xerox Star yang diluncurkan pada tahun 1981. Walaupun saat ini keberadaan mouse sudah banyak tergantikan dengan perangkat touchpad dimana semua fungsi dari mouse bisa dilakukan dengan menggunakan touchpad ini, namun masih lebih banyak user yang lebih memilih menggunakan mouse  daripada touchpad. 



Berikut ini adalah beberapa cara kerja dari mouse:
1.                  Memasukkan perintah kepada komputer dimana cara kerja dari mouse ini adalah dengan cara menggeser - geser mouse di permukaan papan yang datar.
2.                  Penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor
3.      Digunakan untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah0.
4.                  Berfungsi untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll
5.                  Mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang.
6.                  Membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Terlebih bagi kita yang sering melakukan aktivitas mengedit foto atau membuat desain.
7.                  Memperbesar atau juga memperkecil tampilan worksheet
8.                  Mengaktifkan command button dan juga melakukan suatu aksi tertentu pada aplikasi
9.                  Untuk perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse berfungsi sebagai tombol enter
10.              Mouse juga bisa berfungsi sebagai pengontrol perbesaran tampilan objek
11.              Mouse juga mampu berfungsi melakukan konversi dan isntruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh computer.

·         Trackball





1. PENGERTIAN TRACKBALL
Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.

2. FUNGSI TRACKBALL
Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika ingin menggerakkan pointer mouse di layar diperlukan pergeseran mouse, sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki.
Trackball biasanya digunakan pada komputer laptop karena dapat menghemat ruang gerak, karena dapat ditempelkan langsung pada laptop. Jenis piranti ini perlu sering dibersihkan karena lebih mudah ditempeli kotoran dari jari tangan pengguna.

3. CARA KERJA TRACKBALL
Prinsip kerja dari trackball hampir sama dengan mouse. Perbedaan utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse operator harus menggerakkan seluruh badan dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball badan dari trakcball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor. Dengan cara demikian, trackball cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja kerja. Arah dan kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan rotasi bola yang ada di atas badan trackball.

4.JENIS TRACKBALL
v SlimBlade™ Trackball
v Expert Mouse®
v SlimBlade™ Trackball Mouse
v Orbit® Optical Trackball

·         Scanner
Scanner komputer atau di sebut juga alat pemindai adalah suatu perangkat yang digunakan untuk memindai (memindahkan) teks dokumen, foto, suatu benda dan lain-lain. Hasil pemindaian itu akan ditampung ke dalam memori komputer sebagai data digital.
Fungsi Scanner Komputer
Fungsi Scanner adalah suatu alat yang berkerja dengan memindahkan sebuah atau beberapa objek yang terdapat di atas lensa scanner ke dalam memory penyimpanan komputer. Jadi jika diatas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, nantinya isi yang ada pada kertas yang bersangkutan ini akan dipindahkan 100% ke dalam komputer kita.
Ada beberapa jenis koneksi ke komputer dari scanner yang paling umum digunakan, diantaranya:
1. jenis koneksi paralel merupakan  koneksi model lama, karena komputer yang model lama koneksinya masih paralel port.
2. jenis koneksi usb versi 1 merupakan jenis koneksi setelah paralel port, koneksi usb 1 ini lebih cepat dari koneksi paralel port sehingga kecepatan untuk memindai selembar kertas bisa lebih cepat.
3. jenis koneksi usb versi 2 selain kecepatannya lebih cepat dari usb versi 1 dan paralel, koneksi usb versi 2 ini mulai populer karena laptop atau komputer saat ini banyak yang sudah tidak mendukung koneksi paralel port lagi.
Beberapa model jenis scanner (fungsi scanner):
1. scanner model flatbed, kertas atau objek diletakkan di atas kaca scanner, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak melewati kertas atau objek tersebut untuk memperoleh gambarnya.

Keuntungan menggunakan scanner flatbed adalah:

- objek selain kertas pun (suatu benda) dapat di letakkan di atas kaca scanner, contohnya handphone, jam tangan, dll.
Dibawah ini merupakan gambar scanner flatbed


2. Automatic Document Feeder (ADF)

Dengan menggunakan scanner model Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut.

Keuntungan menggunakan Automatic Document Feeder (ADF) adalah:

- kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
-dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
Dibawah ini merupakan gambar scanner Automatic Document Feeder

Seiring perkembangan jaman, scanner tidak lagi hanya berfunsi sebagai alat pemindai. Sekarang telah hadir scanner multi function (all in one) yang merupakan seperangkat scanner yang di dalam sudah terdapat fungsi printer, copy dan fax. Jadi fungsi scanner sudah lebih lengkap lagi, karena dengan memiliki sebuah scanner multi function kita sudah dapat memfoto copy suatu dokumen baik dalam model hitam putih dan berwarna (jika dokumen aslinya memang berwarna). Scanner all in one ini juga bisa sebagai printer dan alat fax.
Dibawah ini merupakan gambar scanner multi function (all in one)

·         Joystick
Joystick adalah alat masukan (alat input) komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan Game yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Selain untuk mengontrol permainan Game pada komputer, joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk tentunya dengan fungsi yang berbeda pula. Fungsi joystick sama fungsinya dengan mouse hanya saja joystick digunakan untuk program game seperti game mobil , menggunakan joystick yang berbentuk stir mobil dengan menggunakan pedal gas, rem kopling, yang pastinya seperti mengendarai mobil asli.




1. Stick
 2. Base
3. Trigger
4.  Extra buttons
5.  Autofire switch
6.  Throttle
7.  Hat Switch (POV Hat)
8. Suction Cup Joystick

Jenis – Jenis Joystick
1.       Logitech Rumble
Jenis joystick diatas adalah jenis joystick yang paling sering digunakan pengguna game dikarenakan joystick tersebut dapat digunakan untuk game apa saja.

2.        Logitech Racing Whell

Jenis joystick ini berbentuk seperti stir mobil dan berfungsi khusus untuk game balap mobil.

3.        Logitech Extreme 3D Pro

4.        Joystick berupa Stir Pesawat

Jenis ini berbentuk lonjong ke atas dan berfungs ikhusus untuk game pesawat terbang.

5.        Joystick PC dengan Fungsi Turbo

Berbeda dengan joystick yang beredar di pasaran, Metal Strike 3D nama dari jenis joystick PC. Turbo digunakan untuk permainan simulasi penerbangandengan desain 4 axiz dan juga memiliki Ailero, Elevator, Trottle dan ControlPower. Fungsi turbo untuk pengulangan otomatis, bisa memainkan perminan pertarungan di udara dengan kemampuan menembakkkan senjata otomatisyang baik, Metal Strike 3D memiliki 13 tombol.

6.        Joystick Controller


Jenis ini mengunakan potentiometric. Skalar pada joystick controller digunakan untuk menterjemahkan gerakan menjadi sinyal output. Jenis initerbuat dari plastic, nilon, gelas penuh nilon dan stainless steel, selain digunakan untuk game juga digunakan dalam bidang industry atau peralatan untuk tugas berat seperti forklift, crane, mesin pertanian, kendaraaan kemudi.

Kegunaan Dan Fungsi Joystick :
Alat ini biasanya digunakan sebagai :
1.      Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi
         lebih dari satu tombol.
2.      Untuk mengontrol permainan video
Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin – mesin seperti pada kursi roda bermotor dan truk.

Sifat joystick :
o   Membutuhkan tempat yang sedikit
o   Tidak mengganggu layar
o   Harganya murah, banyak digunakan pada permainan komputer (game)

Kelebihan :
1. Dapat berjalan pada Windows dan Mac
2. Desain yang stylish
3. Handal
4. Harga jual yang bagus
5. Responsif
6. Serbaguna
7. Posisi tombol-tombol yang simetris

Kesimpulan :
Joystick atau tuas pengendali merupakan alat yang digunakan untuk  berbagai macam permainan (game), Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin – mesin seperti pada kursi roda bermotor dan truk. Selain itu joystick juga digunakan pada kehidupan sehari-hari seperti yang diaplikasikan untuk tuas pengendali kursi roda elektrik yang dipakai orang yang sakit untuk menggerakkan kursi rodanya dan sebagai pengendali mobil



b.      Output Devices:

·         Monitor
Pengertian Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah komputer, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan komputer. 

Fungsi monitor dan jenis-jenisnya
Ketajaman gambar yang ditampilkan pada sebuah layar monitor sangat ditentukan oleh resolusi. Tipe-tipe layar atau monitor komputer sekarang sangat beragam, mulai dari bentuknya yang besar yang memiliki layar cembung sampai dengan monitor yang berbentuk tipis dengan layar datar (flat). Ada beberapa jenis atau tipe monitor, tapi dalam kesempatan ini kami hanya menjelaskan jenis dan fungsi monitor yang paling populer yaitu CRT dan LCD.
Monitor CRT (Cathode Ray Tube)



Cara kerja jenis monitor (fungsi monitor) ini adalah tampilan monitornya dihasilkan dari pancaran sinar katoda (elektron) yang berkecepatan tinggi di dalam sebuah tabung yang hampa udara. Kemudian pancaran dari sinar katoda ini akan menumbuk layar yang bersifat flouroscent (berpendar ketika dikenakan cahaya). Tumbukan elektron atau katoda akan membentuk pola pada layar. Sementara itu, sinar katoda akan secara terus menerus menumbuk layar monitor sesuai dengan input yang sebelumnya telah dikonversi ke dalam satuan gelombang elektromagnetik.
Keuntungan menggunakan monitor jenis ini adalah harganya yang relatif murah. Selain memiliki keuntungan, monitor jenis CRT ini juga memiliki kelemahan yaitu penggunaan daya listrik cukup besar (sekitar 300-400 watt) dan mata cepat lelah karena terkena pancaran  radiasi elektromagnetik dari monitor jenis ini.
Untuk mengatasi radiasi dari jenis monitor CRT ini dengan menggunakan filter yang dapat mengurangi cahaya dari radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh monitor tersebut. Model monitor CRT ini digolongkan menjadi dua (2):
1. layar cembung
2. layar datar (flat)
Monitor CRT dengan model flat memiliki radiasi yang lebih kecil dibandingkan monitor CRT dengan model cembung. Hal ini otomatis juga berpengaruh terhadap harga masing-masing model monitor CRT, harga monitor CRT dengan layar datar sedikit lebih mahal dibandingkan monitor CRT dengan layar cembung.
Monitor LCD (Liquid Crystal Display)


Monitor LCD (fungsi monitor) adalah merupakan jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai bahan utamanya. Jenis LCD ini sudah sangat populer digunakan di berbagai barang elektronik seperti televisi, layar komputer, kalkulator, dll. Saat ini layar LCD sudah sangat mendominasi untuk notebook atau laptop karena membutuhkan daya listrik yang rendah, sangat ringan beratnya, bentuk yang tipis, panas yang dihasilkan sedikit dan memiliki resolusi tinggi.
Sebuah LCD berwarna terdiri dari banyak pixel / piksel (titik cahaya) yang merupakan satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walaupun disebut titik cahaya, kristal cair tadi tidak dapat memancarkan cahaya. Cahaya yang dihasilkan oleh sebuah LCD bersumber dari sebuah lampu neon yang memiliki warna putih yang terletak di bagian belakang susunan kristal cair tadi.
Titik cahaya itu berjumlah puluhan ribu bahkan jutaan, inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang ditimbulkan dan akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya terfilter (tersaring).
Keuntungan menggunakan monitor LCD ini adalah selain modelnya yang ramping dan tidak memakan tempat, keunggulan lainnya adalah monitor LCD ini sangat hemat penggunaan daya listrik (sekitar 20 watt) dan radiasi yang rendah. Kelemahannya monitor jenis LCD adalah harga yang relatif lebih mahal dan bila terjadi kerusakkan monitor LCD ini jauh lebih mahal dalam hal spare partnya dibanding jenis monitor CRT. Monitor jenis LCD juga rentan karena mudah tergores, bocor (dead pixel) atau pixel yang bocor, sehingga posisi pada pixel yang bocor itu gambar tidak dapat ditampilkan.
Tapi dalam era sekarang, jenis monitor CRT sudah sangat sulit ditemukan karena ada beberapa pabrikan sudah tidak memproduksinya lagi. Saat ini yang sangat populer adalah jenis monitor LCD. Semoga penjelasan Fungsi Monitor dan jenisnya diatas dapat bermanfaat.
Sumber:
·         Printer
Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan interpretation dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
Ø  Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix adalah suatu jenis printer yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Fungsi printer dot matrix sampai saat ini masih saja diperlukan walaupun kini telah bertebaran printer-printer canggih yang dapat mencetak fotografi level profesional.


Printer Dot-matrix ini terutama dibutuhkan oleh bidang usaha yang membutuhkan pencetakan rangkap, tidak hanya bukti transaksi, tetapi juga laporan-laporan yang harus dicetak rangkap. Dari pada mencetaknya berulang-ulang yang mengakibatkan biaya operasional printer tinggi dan waktu menjadi terbuang percuma, maka kita dapat menggunakan printer dot-matrix dengan kertas rangkap. Hemat waktu dan hemat biaya (listrik, pita, kertas, dll).




Printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Selain dikenal dengan biaya operasionalnya yang murah (murahnya pita printer),  


printer dot matrix juga terkenal dengan kemudahan pemeliharaan dan perbaikan. Karena suku cadangnya melimpah dan murah, biaya pemeliharan dan perbaikan juga menjadi murah.



Sayangnya fitur utama printer dot matrix ini belum digunakan secara maksimal oleh aplikasi berbasis web. Mungkin para developer beranggapan bahwa printer dot matrix telah ketinggalan jaman dan sudah selayaknya diganti dengan teknologi printer yang terbaru (deskjet, laserjet, bubblejet, dll). Dan lagi para developer menganggap bahwa pencetakan rangkap sudah tidak efisien dan efektif lagi. Bukankah lebih baik untuk keperluan internal, kita cukup melihat di layar monitor saja? Cukuplah preview laporan. Hemat waktu dan kertas. Bahkan kini pencetakan itu pun sudah dianggap tidak relevan lagi. Istilahnya sekarang jamanpaperless-office. Printer dot matrix masih banyak digunakan karena memang terkenal awet. Kelebihan lainnya, pita printer dot matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.
Ø  Printer Laser Jet

Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta pada mesin photo copy.
Ø  Printer Ink Jet

Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.
Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.
Sumber:

0 comment(s):

Post a Comment