Thursday, September 13, 2012

Startup pada Windows XP ataupun Windows 7


Startup pada Windows XP ataupun Windows 7

1. Definisi Startup pada Windows XP/7:

            Startup berasal dari bahasa inggris yang terdiri dari dua kata yaitu start dan up yang berarti memulai. Startup dapat didefinisikan sebagai proses awal dalam menghidupkan dan memulai suatu file dan program yang ada pada komputer. Biasanya file ini bersifat kritikal. Kritikal berarti jika ada file penting yang tidak diaktifkan terlebih dahulu (contoh : service, driver, dll) maka proses startup secara keseluruhan akan terganggu. Kita juga bisa mengatur program apa yang akan dijalankan pada waktu startup.

2. Cara Mempercepat Proses Startup pada Windows XP/7:

a. Windows XP
Terkadang di komputer kita terdapat program atau service yang berjalan secara otomatis. Namun tidak semua program tersebut dibutuhkan saat itu. Program tsb dapat sementaradinonaktifkan agar tidak terlalu membebani windows. Sehingga komputer kita dapat bekerja lebih cepat.Berikut tutorial untuk mempercepat startup windows anda. Silahkan dicoba
I. Cara Pertama
Di desktop Klik start pilih Run, ketik msconfig, klik OK

      Klik tab Startup, hilangkan centang program yang tidak terlalu anda butuhkan, jika suatuwaktu anda membutuhkannya anda bisa mengaktifkannya kembali dengan memberitanda centang


      Klik tab sevice, anda bisa menghilangkan centang service yang dianggap tidak perlu,misal Automatic Update, Net meeting, Messenger.


      Klik tab Boot.ini
      Atur pada time out, anda bisa memasukkan angka 10 atau lebih besar dari sepuluh. Hati2menggunakan angka yang lebih kecil dari 10 karena bisa membuat komputer anda tidak stabil. Proses ini akan mempercepat proses booting windows.


      Tekan tombol Apply kemudian tombol OK Lakukan restart komputer untuk melihat perubahan.

      II. Cara Kedua
      Dengan menggunakan services.mscDi desktop Klik start pilih Run, ketik: services.mscKlik OK




      Pada kotak dialog services klik program yang akan anda atur, apakah akan diaktifkan atau di nonaktifkan. Misalnya saya akan menonaktifkan messengger, maka saya melakukan double klik padaMessengger, hingga muncul kotak dialog pilihan startup type



     Pada startup type pilih disabled, berarti messengger akan dinonaktifkan


      Klik OK.

      Lakukan hal ini pada beberapa sevice atau aplikasi yang untuk sementara bisadinonaktifkan (disable). Anda telah berhasil mengurangi beban startup windows.Mudah2an komputer anda dapat lebih cepat dari semula.

b.      Windows 7
      Pengguna komputer yang bijak itu peduli dengan “kesehatan” sistem operasinya. Begitu juga dengan pengguna Windows 7 yang bijak tentu peduli akan sistem operasi Windows yang ada di komputernya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mempercepat proses Startup pada Widows 7:

Defrag Partisi Windows
Melakukan Defrag harddisk merupakan salah satu langkah untuk merawat Windows karena memang harus dilakukan secara berkala. Defrag harddisk berfungsi untuk menyusun ulang data-data yang terpecah sehingga harddisk bisa bekerja lebih efisien dan lebih cepat dalam mengakses data.
Lakukan defrag pada partisi Windows atau partisi C secara berkala agar akses data untuk sistem bisa lebih cepat sehingga bisa meningkatkan kecepatan startup Windows. Perangkat untuk Defrag harddisk bisa diakses melalui Start Menu Accessories >System Tools Disk Defragmenter.


Tampilan Disk Defragment

Selain menggunakan Disk Defragmenter dari Windows, bisa juga menggunakan tool defragmenteryang disediakan dari pihak lain.

Matikan service dan startup application yang tidak perlu
Salah satu penyebab startup Windows terlalu lama adalah ada service atau aplikasi yang berjalan otomatis pada saat startup. Dengan begitu Windows akan menjalankan service dan aplikasi tersebut bersamaan dengan proses startup sehingga jika Anda menonaktifkan service atau aplikasi yang berjalan otomatis tentu bisa mempercepat waktu startup.
Untuk pengaturannya buka Start menu > ketik msconfig pada kotak pencarian > tekan Enter.


Pengaturan Sevice
Pilih tab Services untuk menentukan service apa saja yang diaktifkan, dan pilih tab Startupuntuk menentukan aplikasi yang berjalan pada saat startup. Pengaturan service juga bisa Anda lakukan melalui control panel all control panel items Administrative tools Services.


Pengaturan Service
Terdapat daftar service yang ada pada Windows baik sedang berjalan atau tidak. Perhatikan bagian startup type, jika Automatic berarti bisa jadi ikut dijalankan pada startup Windows. Anda bisa menonaktifkannya atau merubah startup type menjadi manual. Caranya, klik kanan salah satu service > properties > pillih jenis startup type. Hati-hati dalam melakukan pengaturanservice ini karena siapa tahu yang dinonaktifkan justru yang dibutuhkan sistem. Jika Anda tidak mengetahui fungsi dan tingkat kebutuhannya sebaiknya dibiarkan default saja.

Kurangi Gadget dan Shortcut pada Desktop
Terlalu banyak mengisi desktop dengan aksesories, gadget, dan shortcut itu kurang baik. Hal-hal tersebut bisa memakai resource lebih banyak karena desktop melakukan load items secara berlebihan. Untuk komputer berspesifikasi tinggi itu bukanlah masalah karena resource yang tersedia melimpah. Tapi untuk komputer yang spesifikasinya pas-pasan, optimalisasi waktu startupadalah hal yang cukup penting.


Tampilan Widget
Selain pembatasan penggunaan gadget desktop, pasanglah shortcut seperlunya saja karena memenuhi desktop dengan shortcut kebanyakan terlihat kurang rapi.

Minimalisasi Visual Appearance
Windows Aero merupakan salah satu fitur menarik yang menjadikan Windows 7 tampil indah. Tampilan glossy, didukung dengan tema-tema menarik memberikan nilai lebih pada visualisasinya. Tapi dibalik keindahan ini, Aero dan tema yang digunakan ternyata menggunakan cukup banyak memori. Anda bisa menggunakan tema Windows 7 Basic atau Classic untuk menghemat penggunaan memori sehingga alokasi memori bisa dipakai untuk mengoptimalkan fungsi startupWindows yang lain. Caranya klik kanan desktop Personalize > pilih Windows 7 Basic atauWindows Classic yang tidak menggunakan Aero.


Memilih Tema
Konsekuensinya adalah tampilan Windows Anda menjadi kurang menarik atau terlihat lebih jadul, tapi setidaknya Anda bisa mengoptimalkan waktu startup Windows.

Bentengi dengan Antivirus
Membentengi Windows dengan antivirus adalah metode yang baik untuk mencegah virus atau program jahat masuk dan berkembang biak di dalam sistem. Virus dan program jahat yang berkembang dan berkeliaran bebas di dalam sistem Windows bisa menghabiskan resource tanpa disadari dan dampaknya waktu startup lambat. Sebelum itu terjadi, bentengi segera dan jangan lupa untuk melakukan update database antivirusnya secara berkala untuk mengenali jenis-jenis virus baru.
Upgrade Hardware
Malas melakukan optimalisasi dengan cara-cara di atas? Upgrade hardware komputer adalah solusi terbaik. Upgrade processorRAMGraphic cardmotherboard memang membutuhkan dana yang tidak sedikit tapi bisa menyediakan resource lebih yang dapat digunakan untuk optimalisasi startup Windows.

Matikan Windows Feature yang Tidak Dibutuhkan
Windows Feature merupakan merupakan fitur-fitur bawaan Windows yang bisa Anda aktifkan atau tidak sesuai dengan kebutuhan. Ini dikarenakan kebutuhan tiap pengguna akan fitur itu berbeda sehingga fitur yang tidak dibutuhkan baiknya dinonaktifkan agar tidak terlalu banyak menggunakan resource, apalagi jika fitur itu bisa memakai resource untuk kebutuhan startupWindows.

Untuk mematikan atau menonaktifkannya, Control Panel > All Control Panel Items > Programs and Features >Turn Windows Features on or off.


Matikan Windows Feature
Hilangkan tanda centang pada fitur yang tidak dibutuhkan, lalu restart komputer Anda. Pastikan fitur tersebut benar-benar tidak dibutuhkan dan juga tidak mempengaruhi kinerja sistem.

Mengatur Visual Effects
Pada edisi yang lalu ada opsi untuk menonaktifkan Windows Aero dengan menggunakan temaclassic atau basic untuk menghemat penggunaan resource pada saat startup. Kali ini tanpa mengganti tema tersebut Anda bisa menyesuaikan pembatasan visual effects yang digunakan oleh Windows. Pengaturan visual effects ini bisa Anda temui di Control Panel All Control Panel Items Performance Information and Tools Adjust Visual Effects.


Tampilan Visual Effects
Anda bisa menentukan visual effects sesuai keinginan Anda atau pilih Adjust for best performance agar Windows bisa menentukan apa yang terbaik untuk memaksimalkan performa Windows itu sendiri.

Nonaktifkan Startup Sound
Biasanya saat startup Anda akan mendengar bunyi khas Windows yang menandakan bahwadesktop siap digunakan oleh pengguna. Sebenarnya ini merupakan fitur kecil, tapi Anda bisa mematikannya agar tidak membebani proses startup untuk menggunakan terlalu banyak fitur yang kurang penting bagi pengguna. Buka Control Panel All control panel items Sound


Non Aktifkan Startup Sound
Hilangkan tanda centang pada bagian Play Windows Startup Sound untuk menonaktifkannya. Setelah itu klik Apply atau OK.

Matikan Verbose Status Message
Verbose Status Message merupakan sebuah fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui apa saja yang terjadi pada proses startup atau shutdown Windows. Secara default fitur ini memang tidak diaktifkan oleh Windows, tapi kadang Anda membutuhkannya untuk alasantweaking sistem atau perbaikan. Matikan fitur ini jika sudah tidak diperlukan lagi. Artikel selengkapnya silahkan baca 3 cara mengaktifkan Verbose Status Message pada Windows 7

Manfaatkan fitur ReadyBoost
Bagi yang hanya memiliki RAM pas-pasan alias terbatas, Windows memiliki fitur ReadyBoostyang bisa memanfaatkan media penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau harddisk eksternal untuk dijadikan memori tambahan. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa mempercepatstartup Windows karena mengurangi beban penggunaan RAM secara berlebihan pada saatstartup. Ulasan pemanfaatan fitur ReadyBoost bisa Anda baca di sini.

Gunakan Versi Windows yang Sesuai
Terakhir nih, gunakan versi Windows 7 yang sesuai dengan spesifikasi komputer Anda. Terbagi menjadi Windows 7 starter, home basic, home premium, professional, dan ultimate, masing-masing terbagi lagi menjadi 32-bit dan 64-bit. Komputer, laptop, atau netbook yang menyertakan pre-installed Windows biasanya memang sudah sesuai dengan spesifikasinya. Tapi jika harus install sendiri, sesuaikan dengan spesifikasi yang ada. Semakin tinggi versi Windows-nya, makin tinggi pula kebutuhan spesifikasinya.


Tampilan System Information
Jika komputer hanya memiliki RAM kurang dari 2GB dan processor yang tidak begitu tinggi, sebaiknya gunakan versi Windows 7 home premium ke bawah versi 32-Bit. Versi 32-bitdigunakan jika RAM dibawah 4GB, dan 64-bit jika RAM di atas 4GB.
Itu tadi 6 tips untuk mempercepat startup Windows 7. Cara-cara tersebut mungkin bisa jadi tidak menunjukkan perubahan yang signifikan pada waktu startup. Sehingga manfaatkan kombinasi tips-tips yang ada untuk menemukan konfigurasi terbaik untuk mempercepat startup Windows 7anda. Semoga bermanfaat ;)





0 comment(s):

Post a Comment